Minggu, 14 Agustus 2011

CARA SEHAT KONSUMSI DAGING KAMBING

Daging kambing meskipun tergolong daging yang digemari masyakarat karena enak dan lezat juga berbahaya bila mengkonsumsinya terlalu berlebihan dan tidak sesuai standar kesehatan. Terlebih bila Anda penderita hipertensi atau stroke harus berhati-hati dalam mengkonsumsi daging kambing. Kambing memiliki kadar lemak yang cukup tinggi yang bila dikonsumsi secara terus menerus atau dalam jumlah yang terlalu banyak dapat meningkatkan kolesterol dalam tubuh yang akan memicu berbagai penyakit lainnya. Ada beberapa tips yang saya kumpulkan dari artikel dalam liputan6.com yaitu antara lain:

  • Jangan mengkonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak, ini merupakan tindakan pencegahan agar lemak yang masuk dalam tubuh kita tetap terjaga.
  • Konsumsi daging dengan sayuran, buah-buahan dan air putih. Buah-buahan dan sayuran memiliki serat yang cukup tinggi untuk lebih menjaga sistem pencernaan kita dan membantu melarutkan lemak.
  • Pilih kambing dewasa, karena meskipun daging kambing muda lebih enak tetapi kandungan lemaknya mencapai 1.5 kali dari kambing dewasa.
  • Dalam mengkonsumsi pilih bagian paha atau yang berotot karena kandungan lemaknya lebih sedikit.
  • Jangan dimasak terlalu asin dan dengan kuah yang kental.
Daging apapun bila terlalu berlebihan akan merusak kesehatan Anda, perbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan akan lebih menyehatkan karena banyak mengandung serat, vitamin dan antioksidan yang berguna bagi tubuh. Demikian sedikit tips yang dapat saya ringkaskan, semoga dapat bermanfaat bagi Anda. http://id.shvoong.com/